Translate

Kamis, Maret 05, 2015

Barcelona, Spain

Perjalanan Terakhir bersama Grandma...Selamat Jalan Grandma (RIP 7 Des 2015)

  by : Benediktus Beben

Perjalanan ke Kota Barcelona akan sangat dikenang dalam ingatan karena di kota ini mama kami masuk rumah sakit selama 4 hari dalam perjalanan wisata.

Rumah sakit Quiron dengan dokter dan suster yang ramah sudah menyelamatkan mama kami dari sakit yang cukup serius.Thanks God.. Terima kasih dokter dan team yang sudah bekerja keras tanpa lelah...sehingga kecemasan kami teratasi dengan sangat baik.

Dari jendela kamar Rumah sakit, terbentang bukit yang indah dengan pemandangan yang sangat cantik. Tampak di kejauhan sebuah katedral, rumah - rumah dan bangunan lainnya di atas hamparan rumput yang hijau yang sungguh menyejukan mata.

Casa Batillo in detail
Pemandangan yang tersaji dari jendela kamar Rumah sakit, sungguh menggoda kami untuk menyusuri kota Barcelona. Keesokan harinya, kami minta ijin Mama untuk meninggalkan dia sebentar supaya kami bisa sedikit berpetualang menyusuri sudut sudut kota Barcelona dengan naik bis kota.

Rupanya kota Barcelona merupakan kota dengan kontur tanah berbukit bukit...

Sagrada Familia under construction
Barcelona merupakan kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibu kota wilayah otonom Katalonia. Jumlah penduduknya di wilayah pusat kota sekitar 1,6 juta jiwa.

Kala bis yang kami tumpangi sampai di jantung kota, suasana kota cukup ramai .. kota yang cantik, bersih dan indah.

Dalam hati kecil, saya bersenandung teringat lagu Barcelona yang dinyanyikan Fariz RM...Sambil berjalan menyusuri kota cantik ini, kami berdua sempatkan diri untuk masuk ke pusat pertokoan bernama El Corte Ingles, dan mendokumentasikan foto - foto di antara bangunan - bangunan yang indah.

Karena bahasa yang dipakai adalah bahasa Spanyol, kami sedikit terbata bata berbahasa Inggris untuk berkomunikasi... ternyata sama saja kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan kami berdua.

Jadi kami merasa percaya diri untuk berkomunikasi,,, Di pingir jalan tampak ada bis wisata yang sangat menggoda untuk kami naiki untuk berkeliling kota Barcelona... dengan bis wisata inilah kami memanfaatkan waktu luang kami untuk berkeliling menyusuri pelosok kota Barcelona yang berbukit bukit dan sangat cantik ini dan berkunjung ke beberapa tempat yang jadi tujuan utama para turis dunia...

Kami sempat mengunjungi Park Guell, sebuah taman indah karya Antoni Gaudi, Montjuic Hill daerah prbukitan yg indah dengan pemandangan kota Barcelona, Casa Batillo yang berada di jantung kota, Katedral Sagrada Familia dan tentu saja kebanggaan kota Barcelona yaitu markas sepakbola FC Barcelona alias Barca.
Barca fans

Berdiri pada 230 SM sebagai salah satu kota Kerajaan Romawi, Barcelona, di zaman pertengahan menjadi ibukota County Barcelona.

Setelah bergabung dengan Kerajaan Aragon, Barcelona menjadi kota yang penting bagi Crown of Aragon.

Barcelona memiliki sejarah budaya yang kaya dan saat ini menjadi pusat budaya penting dan destinasi utama turis dari berbagai belahan dunia.

Bangunan - bangunan klasik karya arsitek Antoni Gaudí dan Lluís Domènech i Montaner, telah dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1992 beserta sejumlah konferensi dan turnamen olahraga skala internasional.       
       
Sampai saat ini, Barcelona merupakan salah satu pusat ekonomi, pariwisata, pameran, olahraga, dan budaya dunia. Semua ini berkat statusnya sebagai salah satu kota global utama dunia.

       
Park Guell
Salah satu seniman dan arsitektur terkenal  yaitu Antoni Gaudí i Cornet lahir 25 Juni 1852 – meninggal 10 Juni 1926 pada umur 73 tahun. Dia adalah seorang arsitek Catalunya dari Reus, Spanyol, yang menjadi tokoh utama Modernisme Catalunya.

Karya-karya Gaudí mencerminkan gayanya yang individualis dan tidak biasa. Kebanyakan di antaranya terdapat di Barcelona, termasuk magnum opusnya, Sagrada Família.       
       
Gereja Expiatori de la Sagrada Família  ( "Gereja Penebusan Dosa Keluarga Kudus"), seringkali hanya disebut Sagrada Família, adalah sebuah gereja Katolik Roma raksasa yang masih dalam proses pembangunan di kota Barcelona, Catalonia, Spanyol. Konstruksi gereja ini dimulai pada tahun 1882 dan berlangsung hingga hari ini.       
       
Sagrada Familia
Gereja ini aslinya dirancang oleh Antoni Gaudí (1852 – 1926), yang bekerja di proyek ini selama 40 tahun, mengabdikan 15 tahun terakhir dari masa hidupnya terhadap proyek besar ini, yang rencananya akan diselesaikan pada tahun 2026. Ketika ditanya mengenai lamanya masa pembangunannya, Gaudi diceritakan menjawab "klien saya tidak buru-buru". Setelah wafatnya Gaudi pada tahun 1926, pengerjaan proyek ini diteruskan di bawah pengawasan Domènech Sugranyes hingga dihentikan untuk sementara akibat Perang Saudara Spanyol tahun 1936.       
       
Dengan naik bis wisata, kami sempat mengunjungi Gereja ini. Sungguh mengagumkan ... Walaupun sedang direnovasi, katedral ini tampak sangat megah dan indah.    
       
Banyak karya Gaudí yang mencerminkan kegemarannya dalam hidup, yaitu arsitektur, alam, dan agama.Gaudí memperhatikan setiap detail karyanya, menggabungkan arsitekturnya dengan serangkaian kerajinan yang ia kuasai: keramik, kaca berwarna, penempaan besi, dan pahat kayu. Ia memperkenalkan sejumlah teknik baru dalam penggunaan bahan, seperti trencadís yang terbuat dari pecahan keramik bekas.       
       
Misalnya tempat kami kunjungi yaitu Park Guell, sebuah taman dengan bangunan - bangunan yang unik. Banyak wisatawan datang ke tempat ini pada saat kami berkunjung. Dan juga Casa Batillo dan Casa Mila yang ada di tengah kota Barcelona.
Park Guell


Beberapa tahun kemudian, di bawah pengaruh teknik seni neo-Gothik dan Oriental, Gaudí menjadi bagian dari aliran Modernista yang mencapai puncaknya pada ahir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Karyanya menjadi sumber aliran Modernisme bergaya organik yang terinspirasi oleh alam. Gaudí jarang menggambar secara rinci rancangan karyanya. Ia justru lebih suka membuat model skala tiga dimensi dan membentuk elemen rincinya sambil membayangkannya.       
       
Park Guell
Karya-karya Gaudí mendapat pengakuan luas dari dunia internasional dan banyak sekali studi yang diselenggarakan untuk mempelajari dan memahami arsitekturnya. Hari ini, karya Gaudí memiliki penggemarnya sendiri dari kalangan arsitek maupun masyarakat umum. Maha karyanya, Sagrada Família yang belum selesai dibangun, merupakan salah satu monumen yang paling sering dikunjungi di Catalunya.

Antara 1984 dan 2005, tujuh karyanya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Diantaranya Sagrada Familia, Park Guell, Casa Mila, Casa Batllo dan Casa Vicens. Keyakinan Katolik Roma yang dianut Gaudí lama kelamaan menjadi sangat dalam dan citra religius pun tercermin di karya-karyanya. Hal ini membuatnya dijuluki "Arsitek Tuhan" dan banyak pihak menginginkan agar Gaudí dibeatifikasi.   

Setelah 4 hari berada di kota Barcelona,,, Mama kami sudah membaik. Banyak kebaikan Tuhan dan kesan mendalam selama berada di kota ini. Setelah menyelesaikan administrasi Rumah sakit, kami panggil taxi untuk ke airport menuju langkah kami selanjutnya,, Milan, Italia...

Adios Barcelona... berharap suatu hari sampai lagi ke Barcelona..   

Catatan kecil.:

Sekembalinya ke Indonesia, Mama langsung melanjutkan pengobatan di Jakarta. Ternyata beliau mengalami sakit jantung. Kami sangat bersyukur karena bisa membawa Mama selamat sampai ke rumah.
Dengan pengobatan yang rutin, akhirnya mama kembali sehat tetapi mengalami musibah yang lain. Mama jatuh dekat tempat tidur sampai mengalami patah paha yang cukup parah..

Akhirnya Mama dioperasi kaki pada bulan Agustus 2015. Proses penyembuhan berjalan lancar sampai mama bisa kembali berdiri dan berjalan sedikit sedikit dengan bantuan tongkat. Tetapi Tuhan berkehendak lain. Dalam keadaan yang sehat, Tuhan memanggil Mama pada tanggal 7 Desember 2015, hampir 1 tahun setelah perjalanan yang penuh kesan di Barcelona. Selamat Jalan Grandma... kiranya Tuhan menempatkan Mama dalam kebahagian bersama Bapa Di Surga.
       
       
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar